Kamis, 25 April 2013

Usai Ujian Nasional, Waktunya Liburan

Pintu Masuk Goa Jatijajar, Kebumen
Setelah berbulan-bulan fokus menghadapi Ujian Nasional SMA dan juga selama 3 tahun belajar di SMA, sudah saatnya untuk refreshing dengan rekreasi. Temen-temen SMA mengajak berlibur ke beberapa lokasi wisata di Daerah Jawa Tengah. Dengan menggunakan mobil, kami mengunjungi 4 objek wisata yang ada di Jateng, Yaitu Goa Jatijajar, Pantai Ayah yang berada di Kebumen, Serta Candi Gedong Songo dan Rawa Pening di Kabupaten Semarang. Dua Daerah yang sangat berbeda jauh. Dimana Kebumen berada jauh di Barat Jogja dan Semarang yang jauh disebelah utara Semarang membuat perjalanan ini cukup aneh... hehe. Kenapa kita tidak memplanning daerah yang berdampingan dan tidak terlalu jauh. yaah, tapi ya udahlah namanya juga refreshing. Apapun bakal dilakukan.
Senin pagi (22 April 2013) kami berkumpul dirumah temen di Daerah Rejowinangun Kotagede. Disana sudah siap mobil untuk mengantar kami berwisata. Pukul 07.00 WIB kami berangkat dari Jogja menuju Kota Kebumen dengan tujuan pertama di Goa Jatijajar. Waktu yang cukup lama juga Kita menuju Kebumen karena harus melewati Wates, Purworejo dan kemudian baru masuk ke Kabupaten Kebumen. Jalan utama yang rusak membuat perjalanan terganggu. kami pun baru sampai di Goa Jatijajar pukul 11 siang.

Goa Jatijajar merupakan objek wisata berupa gua alam yang berada di desa Jatijajar. Panjang didalam gua dari pintu masuk sampai pintu keluar sekitar 250 meter dan terdapat dua pohon jati besar yang berdiri sejajar di pintu gua, sehingga Gua ini dinamakan Gua Jatijajar. tiket masuk ke objek wisata ini adalah Rp 7.000,- (dewasa) dan Rp 4.000,- (anak-anak). Setelah berkeliling dan melewati dalam Gua Jatijajar kami melanjutkan perjalan ke Pantai Ayah. Jalan menuju Pantai Ayah pun juga rusak. untuk menjangkau pantai Ayah, dijalan kita juga akan melewati Pantai Logending. ya lumayan lah. Bisa lihat pantai yang lain. Retribusi masuk ke Pantai Logending dan Ayah sekitar Rp 4000,- (Dewasa) dan Rp 2.000,- (anak-anak).

Yaaah, hari sudah mulai sore. Kita lanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Semarang. Ini yang membuat kegiatan ini aneh. hehe. Karena dari Kebumen kita harus ke Semarang. Kita kembali ke purworejo dan melewati jalan utama langsung ke Magelang. dan Kemudian Lewat Secang baru sampai di Kabupaten Semarang. Karena hari sudah mulai gelap, kita tidak langsung menuju ke tujuan wisata dan memutuskan menginap di rumah kerabat temen saya yang kebetulan berada di Semarang. Berbeda dengan Kota Semarang, ternyata di Kabupaten Semarang udaranya lumayan sejuk.

Matahari sudah mulai bangun (23 April 2013), kami pun mulai bersiap-siap untuk melanjutkan kegiatan liburan. Jam 08.00 kita berpamitan dulu dan langsung menuju ke Candi GedongSongo. Kita melewati jalan kampung sehingga bisa lebih cepat. setelah beberapa menit. Saya dan teman-teman sampai juga di Candi Gedong Songo. Udaranya sangat dingin karena berada di Kaki Gunung Ungaran. Retribusi masuk ke objek wisata candi ini adalah Rp 5.000,- (dewasa/5tahun keatas) dan Rp 25.000,- (wisatawan asing).
Pemandagan dari Objek Wisata Gedong Songo
Gedong Songo adalah Candi peninggalan Hindu yang terletak di Lereng gunung ungaran dan berjarak 15 km dari Ambarawa. Gedong Songo berasal dari kata Gedong dan Songo, Gedong berarti Bangunan, dan Songo berarti sembilan, yang dapat diartikan bahwa GedongSongo adalah sembilan bangunan. Candi satu dengan candi yang lainnya jaraknya cukup jauh sehingga kita perlu melakukan perjalan yang lumayan jauh untuk melihat setiap candinya. Namun tenang, bagi yang tidak suka berjalan kaki jauh, disini juga ada persewaan kuda yang harganya kurang tahu juga. hehe... Selain wisata candi, di objek wisata Gedongsongo ini anda juga bisa menikmati pemandian air panas dengan kandungan belerang. Selain itu dari objek wisata ini kita juga suguhkan dengan pemandangan yang indah, karena lokasinya yang berada di lereng gunug. Kita juga bisa melihat pemandangan gunung-gunung disekitarnya.
Candi Gedong Songo
Setelah puas berjalan-jalan menikmati Candi Gedong Songo, kami pun melanjutkan perjalanan menuju Rawa Pening yang berada di Ambarawa. Rawa Pening merupakan wisata alam berupa danau yang sangat besar dengan luas 2670 hektar. di Rawa Pening kita suguhkan pemandangan yang luar biasa, danau yang sangat luas dan gunung-gunung yang tinggi di sekitar Danau dapat kita lihat. Kami juga menyempatkan untuk menyewa kapal motor untuk keliling rawa pening. biaya-nya Rp 10.000 per-orang. Yaah lumayan terjangkaulah.

Keliling rawa pening dengan kapal motor
Setelah puas keliling rawa pening dan waktu semakin siang. Kami pun memutuskan untuk pulang ke Jogja. Jalan utama Jogja-Semarang di daerah Temanggung macet karena terdapat beberapa titik yang sedang dilakukan perbaikan. Kami pun kembali ke Ambarawa dan melewati Kota Salatiga, Boyolali, dan Klaten untuk kembali ke Jogja. Selasa Malam (23 April 2013) kami pun sampai di jogja dengan selamat. Inilah perjalanan liburan kami di Goa Jatijajar, Pantai Ayah, Candi Gedongsongo, dan Rawa Pening. Ow iya sebenarnya kami sempet ke Kota Semarang dan menuju Lawang Sewu, tapi ternyata siang itu Lawang Sewu tidak buka. Sampai bertemu dicerita liburan berikutnya yaak.